Selasa, 14 Desember 2010


SIRIUS BLACK,wali Harry,adalah buronan Kementrian Sihir,yang salah menduganya sebagai Pelahap Maut. Ia berhasil kabur dari Azkaban karena ia animagus. Ia berubah wujud menjadi anjing,meyelinap diantara jeruji selnya dan berlari menuju kebebasan.




  • Binatang Anjing
Dalam Bentuk Animagus,anjing hitam sangat cocok untuk Sirius. Nama"Sirius" berasal dari nama binatang yg sering disebut dengan binatang anjing. Binatang itu diberi julukan demikian karena temasuk kenstelasi bintang yg disebut Anjing Besar. ( Bintang itu di beri nama 'Sirius' karena merupakan bintang yg paling terang di langit. Kata Yunani seirios berarti "membara")

Bintang itu memiliki arti penting dalam dunia sihir. Sebagai simbol Dewi Isis,bintang itu merupakan pusat agama dan filosofi Mesir,tempat kebanyakan Sihir Berasal. Bangsa Mesir menggunakan Sirius untuk menentukan kalender mereka,karena pergerakannya berhubungan dengan musim. Dihari pertama musim panas,bintang itu terbit sebelum matahari. Di Mesir kuno,itu merupakan Hari Tahun Baru. Bintang itu meramalkan kedatangan banjir tahunan Sungai Nil,yg amat sangat vital untuk memberikan kesuburan bagi ladang-ladang yg sedang tumbuh. Kini kita menyebut hari-hari musim panas yg terik dan panjang dengan "hari-hari Anjing" karena Sirius menandakan kedatangan Mereka.

Menurut Bangsa Mesir,Sirius tidak hanya penting dalam kehidupan di Bumi. Seperti kata seorang Egyptologis,Sirius adalah "rumah bagi jiwa orang yg sudah meninggal". Bintang itu begitu penting hingga kuil-kuil dibangun sejajar dengan pergerakannya di langit. Seorang arkeolog yakin lorong-lorong panjang / lubang udara di piramida besar membuat bintang-bintang itu terlihat di siang hari dan pemandangan langit itu menampakkan bagian tempat Sirius muncul. Arkeolog lain berkata, " lubang udara dan lorong ini dimaksudkan sebagai penunjuk jalan bagi jiwa orang meninggal"
  • Padfoot
Bentuk animagus anjing hitam tak cuma cocok bagi Sirius Black dilihat dari segi namanya saja. Anjing-anjing hitam gaib muncul secara misterus di seluruh daratan Eropa dan Amerika Utara. Banyak penampakan terjadi di Inggris,dimana mereka dikenal dengan nama Black Shuck (dari kata Anglo-Saxon succa,yg berarti iblis),Old Shuck,Shucky Dog,Shug Monster,dan Shag Dog. Penduduk Staffordshire,Inggris telah memberi anjing itu nama yg digunakan Sirius; Padfoot.

Beberapa orang mengatakan anjing itu menjaga gereja dan jalan-jalan tertentu,yang lain mengatakan bahwa mereka berkeliaran di kampung-kampung pada malam hari. Para saksi mata mengatakan anjing-anjing itu muncul tiba-tiba,kadang persis di sebelah orang yg berjalan sendirian. Mereka biasanya lebih besar dari anjing biasa. Mereka bisa lenyap seketika,atau memudar perlahan dari pandangan sementara berdiri diam. Kadang kala mereka muncul tanpa kepala. Mata mereka hampir selalu digambarkan besar dan "menyala". Anehnya,mereka biasanya TIDAK bersuara.

Para cendikiawan pernah yakin bahwa anjing hitam adalah wujud iblis yg lebih disukai. Bahkan di antara orang-orang yang benaknya tidak terlalu gelisah,anjing-anjing hitam sangat ditakuti. Banyak yang menganggap mereka tanda kematian. Ini persis seperti yg dikatakan Prof Trelawney pada Harry tentang arti penampakan Sirius yang pertama (Ia menyebut anjing itu Grim,salah satu sebutan yg umum).

Laporan-laporan pandangan mata telah ada sejak beberapa ratus tahun yg lalu. Satu kejadian amat jelas pada tahun 1557, mendeskripsikan bahwa ada kedatangan anjing hitam disebuah gereja : "Muncullah sesosok anjing mengerikan berwarna hitam,berserta jilatan-jilatan api menakutkan membuta beberapa orang disana menyangka kiamat telah tiba. Anjing ini,atau iblis samarannya,berlari melintasi gereja dengan amat cepat tergesa-gesa,melompat di antara 2 orang yg sedang berlutut dan menerkan leher mereka seketika"

Kejadian tersebut mungkin sebuah insiden yg sangat mengerikan. Tidak semua kejadian semengerikan itu. Dalam penampakan setelahnya,si anjing hitam tidak nampak terlalu ganas. Seorang cendikiawan berkata," Ada lebih banyak bukti yg menyatakan anjing hitam itu tampak bersahabat (atau setidaknya,tidak berbahaya) alih-alih berbahaya. Bahkan anjing-anjing itu suka membantu."

Apakan anjing hitam yg suka membantu ini Sirius Black atau bukan,rasanya tak mungkin untuk diketahui....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar